Definisi Six Sigma

Definisi Six Sigma - Six Sigma adalah suatu alat manajemen baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management ( TQM ), sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk, menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan mehilangkan biaya. Six sigma juga disebut sistem komprehensive - maksudnya adalah strategi, disiplin ilmu, dan alat - untuk mencapai dan mendukung kesuksesan bisnis. Six Sigma disebut strategi karena terfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan, disebut disiplin ilmu karena mengikuti model formal,yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control )dan alat karena digunakan bersamaan dengan yang lainnya, seperti Diagram Pareto(Pareto Chart) dan Histogram. Kesuksesan peningkatan kualitas dan kinerja bisnis, tergantung dari kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah. Kemampuan ini adalah hal fundamental dalam filosofi six sigma.

Teknik Perancangan dan Pendokumentasian

- Perancangan
    a. Menetapkan rencana penelitian sistem
    b. Mengorganisasikan tim proyek
    c. Mendefinisikan kebutuhan informasi
    d. Mendefinisikan kriteria kinerja sistem
    e. Menyiapkan usulan rancangan sistem
    f. Menyetujui atau menolak rancangan proyek pengembangan system

Keluaran dari proses analisis di kedua aspek ini adalah masalah-masalah penting yang harus segera ditangani, analisis penyebab dan dampak permasalahan bagi organisasi, beberapa kemungkinan skenario pemecahan masalah dengan kemungkinan dan dampak risiko serta potensinya, dan pilihan alternatif solusi yang direkomendasikan.

- Pendokumentasian
    a. Cocok dengan dokumentasi yang sudah ada
    b. DApat dimengerti oleh orang lain dalam dokumentasi
    c. Memungkinkan anda untuk kembali bekerja pada sistem setelah offline atau tidak aktif dalam kurun waktu tertentu
    d. Sesuai dengan ukuran sistem yang sedang Anda jalankan
    e. Memperbolehkan pendekatan perancangan secara terstruktur dan dapat dipertimbangkan untuk lebih penting dari pada faktor lainnya.
    f. Memungkinkan untuk dimodifikasi dengan mudah
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Publish : Creating Website |
Copyright © 2011. Om Sisfo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger